ads here

Sunday 21 October 2012

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Hewan Qurban

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Hewan Qurban | Sebelumnya saya sudah sempat share Tips Cara Memilih Hewan Qurban yang Bena... thumbnail 1 summary
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Hewan Qurban | Sebelumnya saya sudah sempat share Tips Cara Memilih Hewan Qurban yang Benar. Nah untuk melengkapi referensi sobat dalam memilih hewan Qurban pada hari Raya Idul Adha maka dikesempatan ini saya kembali share seputar tips membeli hewan Qurban. 

Sehingga sobat tidak salah dalam membeli hewan Qurban dan bisa memberikan nilai pahal yang lebih untuk sobat. Baiklah, tidak usah panjang lebar lagi sobat, silahkan langsung saja disimak Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Hewan Qurban, cekidot...

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Hewan Qurban : 

1. Umur Hewan
Umur Sapi atau Kambing dapat diketahui dari giginya. Untuk hewan qurban pilihlah hewan dengan umur yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Hal ini dimaksudkan agar daging yang dihasilkan berkualitas baik. Hewan qurban yang telah sampai usia yang dituntut syari’at berupa :

* Unta yang telah sempurna berusia lima tahun.
* Sapi yang telah sempurna berusia dua tahun.
* Kambing yang telah sempurna berusia setahun.

2. Keadaan Mulut
Periksa keadaan mulut dengan cara membuka mulut hewan. Pastikan Sapi atau Kambing yang sobat pilih pada bagian mulutnya tidak ada luka-luka menyerupai sariawan. Dari mulut juga akan tercium aroma nafas dari hewan, hewan yang sehat nafasnya tidak bau. Untuk hewan yang tidak sehat nafasnya biasanya berbau busuk (jangan sampai menciumnya juga sobat, hehehe).

3. Nafsu Makan Hewan
Perhatikan nafsu makannya, nafsu makan dapat dijadikan indikator sehat tidaknya Sapi atau Kambing. Semakin besar nafsu makan Sapi atau Kambing, semakin sehat pula Sapi atau Kambing tersebut.

4. Hidung Hewan
Keadaan hidung digunakan sebagai indikator hewan tersebut demam, flu atau dehidrasi. Pada Sapi sehat keadaan hidungnya basah, sedangkan pada Kambing yang sehat hidungnya kering. Amati juga nafas yang keluar dari hidung, dekatkan tangan ke depan hidung untuk mengetahui suhu dari hewan tersebut.

5. Cara Berdiri Hewan
Cara berdiri hewan untuk mengetahui abnormalitas pada alat gerak hewan. Sapi atau Kambing yang pincang akan terlihat dari cara berjalan dan cara berdirinya. Periksa juga kuku atau teracak Sapi dan Kambing. Sapi dan Kambing yang sehat memiliki bentuk kuku yang utuh.

6. Fases Hewan
Fases atau kotoran digunakan sebagai indikator kesehatan sistem pencernaan hewan. Sapi atau Kambing yang diare atau dehidrasi dapat diketahui dengan cara melihat fasesnya. Pada Sapi normalnya seperti bubur, sedang pada Kambing normalnya seperti batu kerikil. Jika Sapi atau Kambing sedang diare, fasesnya sangat cair, berbusa dan berbau busuk (jangan sampai menciumnya juga sobat, hehehe).
ads here
Terimakasih sudah membaca artikel di cara cepat. Jangan lupa share dan berbagi dengan teman atau saudara anda jika dirasa artikel ini bermanfaat. Bookmark atau follow blog ini ya.

Admin Cara Cepat